Juli 03, 2010

GAZEBO PEMANIS TAMAN

Ornamen jagoan dalam desain taman tidak lain dengan menghadirkan gazebo. Tidak hanya menambah nilai keindahan taman anda, keberadaan gazebo semakin mewujudkan keinginan anda untuk menyatu dengan alam. Bagaimana cara memilih jenis dan desain gazebo untuk mempermanis taman anda? Dan bagaimana desain taman anda dirancang agar siap untuk menyatu dengan kehadiran gazebo?

Gazebo, saung, pavilion taman, adalah sebutan yang popular untuk bangunan semi permanent yang berada di tengah suatu taman. Bentuk sederhana tanpa dinding, gazebo hanya terdiri dari lantai, tiang penyangga atap dan atap saja. Ada yang mempermanis dengan pagar sekeliling untuk safetysaja apabila berada di tempat yang tinggi atau dikelilingi air. Pada jaman dahulu, fungsinya sebagai tempat beristirahat para bangsawan yang berjalan-jalan menikmati keindahan taman istana yang sangat luas.

Tetapi jangan berkecil hati apabila anda menginginkan kehadiran gazebo di halaman rumah anda, walaupun anda bukan bangsawan dan tidak memiliki taman yang sangat luas. Berbagai macam desain gazebo pun dapat menjadi pilihan untuk mempercantik taman rumah anda.

Sebelumnya saya ucapkan selamat kepada para pemilik gazebo yang telah sukses menghadirkan elemen ini di taman rumahnya, karena dedikasinya kepada desain taman. Harga per-unit yang dapat dikatakan paling mahal dibanding elemen taman lainnya membuat banyak orang menjadi enggan untuk menghadirkannya di halaman rumah.

Dilihat dari bentuknya yang besar dan berupa bangunan semi permanent, apabila kita tidak berhati-hati, kehadirannya dapat menjadi boomerang bagi desain taman kita. Taman dan pemandangannya menjadi berkesan sempit dan orang enggan duduk dan bersantai di gazebo yang sudah membuat anda merogoh kocek dalam-dalam.

Seperti apakah taman yang cocok untuk dihiasi gazebo? Pertama anda harus mengamati ukuran, bentuk, aktivitas di taman dan pemandangan yang ada dan dapat anda nikmati di taman anda. seberapa besarkah taman anda? Sebaiknya luasan gazebo tidak lebih dari 1/5 luasan taman anda. Apabila gazebo anda lebih besar dari itu maka taman anda terlihat penuh sesak dengan bangunan dan tidak asri lagi. ukuran gazebo sendiri minimal 2x2 meter agar kegiatan bersantai di dalamnya dapat leluasa.

Sama dengan teras rumah, keberadaan gazebo bertujuan agar kita dapat menikmati pemandangan. Tidak hanya keindahan taman anda, juga pemandangan di luar rumah yang mengelilingi anda, seperti pegunungan, lembah, sungai kecil bahkan city light. Sebisa mungkin gazebo berjarak cukup jauh dari dinding atau pagar massif terdekat yaitu sekitar 2 meter. Keadaan ini juga harus dikompensasi dengan adanya pemandangan yang sangat menarik dan leluasa di sisi berlawanan dari dinding, seperti adanya kolam ikan, kolam renang atau sudut taman lainnya. Dengan demikian perhatian kita lebih tertuju ke sisi lainnya itu. Beruntunglah bagi yang memuliki rumah di posisi hook, apalagi di perumahan yang tidak berpagar, karena dapat leluasa menempatkan gazebo pada posisi ideal yaitu di ujung hook halaman rumah anda.

Tidak hanya dengan tembok dan pagar, jarak dengan rumah/ teras terdekat juga harus menjadi pertimbangan kita. Karena pada dasarnya gazebo adalah perluasan teras rumah anda dan anda ingin menikmati aktivitas di taman anda dengan suasana yang meyatu dengan alam. Karena itu usahakan ‘perluasan’ ini anda lakukan ‘seluas’ mungkin. Usahakan gazebo terletak pada garis terjauh dari teras utama rumah anda, tetapi masih dapat terlihat jelas.

Walaupun terletak jauh, gazebo harus mudah dicapai agar dapat sesering mungkin digunakan. Pada taman berkontur apabila perlu dibangun tangga kecil. Sebaiknya jalur menuju gazebo dari teras terbesar dituntun dengan stepping stone yang berkelok-kelok. Apabila tempat gazebo sulit dicapai, seperti tempat yang terlalu terjal, sebaiknya anda berpikir dua kali sebelum membangun gazebo. Kecuali tentunya anda sekeluarga memiliki jiwa petualang.

Aktivitas apa yang ingin anda lakukan di gazebo? Sekedar bersantai, barbeque, sarapan atau minum teh sore hari, tempat bermain dan belajar anak atau untuk mushola? Atau untuk kegiatan yang tidak biasa seperti menempatkan Jacuzzi atau tempat fitness terbuka misalnya. Pastikan luasan yang tersedia cukup sesuai dengan luasan yang leluasa untuk aktivitas anda.

Seperti apakah gazebo pilihan anda?
Setelah anda siap dan bertekad bulat untuk membangun gazebo, bagaimana dengan desain gazebo yang ingin anda pilih. Karena ingin nuansa alami yang kental banyak yang langsung memilih gaya back to nature atau etnik sebagai pilihan. Tapi selain kedua jenis gazebo ini masih banyak model/jenis yang dapat dipilih dengan jenis material yang berbeda-beda pula.

Apakah anda tertarik untuk bereksperimen dengan gaya gazebo yang bermacan-macam? Mulai dari gaya country, modern, minimalis, American tergantung dari selera dan tentunya ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam memilih model gazebo. Pertama-tama tentunya arsitektur/ desain rumah anda. Karena pada dasarnya gazebo merupakan paviliun mini maka sebaiknya tidak melenceng jauh dari arsitektur rumah. terutama bila gazebo anda dapat terlihat dari luar rumah sehingga tidak berkesan tambal-sulam.

Selain arsitektur rumah, juga kita sesuaikan dengan jenis taman rumah anda. Tetapi pada beberapa kasus anda dapat sedikit bereksperimen dengan menggabung gaya desain taman dan gazebo yang berbeda. (lihat box)

Langkah berikutnya dengan menentukan luasan gazebo. Apakah aktivitas yang anda ingin lakukan? Ukuran 2x2 meter sudah cukup besar dan leluasa untuk mengakomodasi berbagai aktivitas. Ukuran ruang dalam minimal 1,5 x 1,5 meter. Lengkapi gazebo anda dengan furniture secukupnya. Apakah aktivitas anda membutuhkan alat/piranti? Apabila piranti tersebut tidak tahan air dan cuaca anda dapat menyediakan tempat penyimpanan khusus yang kedap air. Tetapi sebaiknya kita gunakan material yang tahan cuaca agar tidak merepotkan.

Seperti apa dan material apa yang akan anda gunakan untuk gazsebo anda? Sangat tergantung juga dengan dana yang anda anggarkan. Gazebo built in memang mudah dan hasilnya bagus, anda perlu menganggarkan dana mulai dari 10 – 15 juta tergantung material dan ukuran. Gazebo dari kayu Damar Laut memiliki tampilan yang bagus dan kuat akan terpaan cuaca. Anda perlu merogoh sampai 30 juta per unit untuk memperolehnya. Tidak memiliki dana sebesar itu? Anda dapat memborongkannya kepada tukang kayu dan batu kepercayaan anda atau membuat sendiri. Anda cukup menyediakan dana sekitar 3 - 5 juta rupiah untuk gazebo kayu sederhana.

Percantik taman dan gazebo anda
Wow! Sebesar itukah biaya pembuatan gazebo? Karena itu kita tidak mau menyia-nyiakan uang dan mebiarkan taman kita terlihat ‘seadanya’. Tentunya anda ingin memaksimalkan taman yang sudah anda hias ini. Bagaimana caranya agar taman dan gazebo anda tampil maksimal?

Sesuai dengan harganya, gazebo biasanya merupakan point interest utama dalam taman sehingga desain taman mengikuti desain gazebo. Apabila keputusan menempatkan gazebo muncul setelah taman anda selesai dibangun, sebaiknya ada penyesuaian agar tidak terlihat tambal sulam.

Bila di taman anda terdapat elemen air, seperti air terjun, pancuran maupun hanya kolam biasa sebaiknya berdekatan dengan gazebo. Selain semakin menekankannya point interest taman, kehadiran air baik bunyi, riak maupun kesejukannya akan semakin menambah kenyamanan aktivitas di gazebo. Selain itu elemen air juga memberi pemandangan dari dalam gazebo.

Walaupun gazebo mempunyai atap, sebaiknya terhalang dari sinar matahari langsung. Apabila terdapat pohon besar dapat diletakan berdekatan agar sinar matahari langsung terhalang dan menurunkan suhu udara di dalam gazebo anda. Selain pohon, penghalang sinar matahari dapat berupa semak yang transparan/ pergola. Pergola dapat dipergunakan sebagai aksesories pemanis gazebo anda (lihat box).

Tetapi berhati-hatilah menempatkan gazebo di bawah pohon besar, sebaiknya tidak langsung di bawahnya tetapi di bawah kanopinya saja. Tidak dianjurkan untuk menepatkannya di bawah pohon buah (mangga, rambutan, kelapa) karena buah yang jatuh dapat merusak atap gazebo yang umunya tidak terlalu kuat. Beberapa jenis pohon buah menjadi inang serangga (semut, ulat bulu, kumbang, dll) sehingga apabila terlalu berdekatan dapat mengganggu kenyamanan pengguna.

Untuk lebih menarik anda bersantai di gazebo sesering mungkin, hubungkan rumah / teras dengan stepping stone berdesain unik. Dengan adanya jalur ini anda sekeluarga akan terasa terundang untuk berada di gazebo setiap ingin menikmati keindahan taman. Stepping stone sebaiknya dibuat berkelok-kelok melalui sudut-sudut taman yang menarik lainnya.

Untuk menambah keamanan dan kenyaman, letak gazebo anda sebaiknya dapat terlihat jelas dari dalam rumah. Pastikan pada malam hari juga mendapat pencahayaan yang cukup, baik dari lampu taman atau lampu khusus di dalam gazebo. Untuk tampilan maksimal anda dapat memberikan pencahayaan khusu pada gazebo anda dengan uplight dan lampu mozaik. Paling baik apabila lampu-lampu ini memiliki sekring tersendiri sehingga tidak mempengaruhi pemakaian listrik di rumah anda. Usahakan lampu gazebo dapat dinyalakan dari dalam rumah untuk memudahkan pada cuaca buruk.



BOX
Jenis gazebo
1. natural. Gaya natural dapat ditengarai dari bahan kayu atau batu ekspose sesungguhnya maupun artificial. Model gazebo ini memang paling banyak digunakan. Bahan yang digunakan dapat dari batu dan kayu sungguhan atau dari beton yang dicor dan difinish menyerupai batang kayu. Tampak batu alam didapat dari finishing tempelan batu.
2. etnik. Biasanya terbuat dari bahan kayu atau bamboo. Bentuknya mengadaptasi ornament dari bangunan adat. Seperti joglo, sirap, ornament makota atau… maupun ukiran atau motif lain pada tiangnya. Jenis ini banyak dijual dalam bentuk built in dan tinggal dirakit oleh suppliernya di rumah anda sesuai model dan ukuran yang anda inginkan.
3. country. Identik dengan penggunaan batu alam atau bata ekspose. Bedanya dengan jenis natural, jenis ini bergaris tegas. Tiangnya dapat dari kayu yang dengan finishing natural atau tiang beton dengan finishing batu alam. Walaupun warnanya masih dominant warma natural (kayu, teracota) kadang sudah ada sentuhan bahan artificial seperti keramik dan besi.
4. modern. Sudah tidak didominasi warna natural maupun finishing bahan natural seperti kayu dan batu alam. Biasanya menggunakan material bata, beton dan kayu yang di cat. Bentuknya juga sangat beragam dan tidak melulu seperti gazebo yang biasa ditemui.
5. industrial. Didominasi bahan metal, besi dan alumunium yang berwarna logam. Jenis ini memang jarang dijumpai di taman rumah karena lebih cocok untuk tempat umum seperti di perkantoran atau tempat wisata.
6. classic. Biasanya dihiasi dengan tiang berornamen, seperti pillar. Dengan atap lengkung yang anggun dan bernuansa putih sangat cocok apabila disandingkan dengan rumah bergaya klasik yang dikelilingi taman Perancis/ Victorian.

Untuk mempermanis tampilan gazebo anda dapat dipilih beberapa ornament seperti
1. wind chime / kincir angin. Suara yang mengiringi desiran angin dapat menciptakan suasana berbeda dan menenangkan hati yang mendengarnya. Pilihlah lonceng angin yang sesuai dengan keinginan anda. Dari bamboo, kayu bahkan logam.
2. furniture. Yaitu kursi-meja, bantal, balai-balai/ dipan. Permanent maupun portable. Pada beberapa desain kursi meja dibangun fix, tetapi tidak menutup kemungkinan anda berkreasi dengan bermacam jenis furniture. Pilih yang tahan cuaca dan tahan air agar tahan lama.
3. lampu penerangan maupun decorative (untuk pemakaian malam hari). Untuk penerangan decorative dapat menggunakan lampu sorot, lampu up light, atrau lampu reces (ditanam di lantai atau tembok). Untuk menciptakan efek pencahayaan sederhana dapat mencoba dengan lampu gantung mozaik warna-warni atau berwarna coklat. Cahaya yang lebih redup dapat menciptakan suasana berbeda.
4. trellis/ rambatan tanaman. Bagi yang romantis, rambatan tanaman pada tiang dan sekeliling atap gazebo sanagat cocok. Pilihlah tanaman yang tidak terlalu berat, seperti Stepanut, clematis dan air mata pengantin. Alamanda, Sudokalimo atau Flame of irian terlalu berat dan rimbun. Pastikan struktur gazebo anda cukup kuat untuk menahan beban tambahan. Apabila tidak pergunakan perkuatan besi beton atau struktur tersendiri.



aspek teknis
1. material gazebo.
Beton atau pasangan bata adalah material yang paling kuat dan tahan cuaca. Finishing tidak selalui dengan cat, anda dapat berkreasi dengan berbagai batu alam, keramik, teracota dan lain-lain. Tentunya karena strukturnya lebih berat, harganya pun cukup mahal.
Kayu memiliki struktur yang ringan. Tetapi tidak semua kayu tahan cuaca. Biasanya kayu kelapa atau damar laut menjadi pilihan yang cukup baik. Permukaan kayu akan melapuk dimakan cuaca karena itu harus dicat/ coating ulang secara berkala.
Besi juga relative ringan, kuat dan tahan lama. Pastikan anda memilih besi yang bermutu baik dan diberi perlakuan anti karat.
2. pondasi dan struktur. Semakin berat material gazebo tentunya butuh pondasi yang semakin kuat. Tanah tempat gazebo anda juga harus stabil. Atap yang terlalu tinggi dapat membuat struktur mahal karena harus menahan beban dan angina yang terlalu besar. Pisahkan struktur lantai dengan struktur atap dan tiang agar beban lebih kecil. Biasanya tiang hanya mebutuhkan pondasi umpak setempat saja. Sebelum membuat jelaskan kepada ahli bangunan anda agar tidak terjadi kesalahan.
3. drainage. Karena selalu terekspose air hujan maka drainage pada lantai sangat perlu. Pada lantai semen atau lantai keras lainnya dapat diberi kemiringan 1% ke satu arah saja. Apabila menggunakan con block tidak perlu karena bahan ini meneruskan air.
4. instalasi listrik. Sebaiknya memiliki jalur sendiri. Untuk menjaga apabila terjadi kosleting maka listrik di dalam rumah tidak terpengaruh. Jalur dapat disatukan dengan instalasi penerangan taman. Sebaiknya kabel-kabel ini ditanam dalam beton atau dibungkus pipa pralon agar terlindungi dari panas dan hujan. Udara panas atau sinar matahari langsung dapat menyebabkan kawat getas dan mudah rapuh.

0 komentar:

efek